Tempat Wisata Pura Tanah Lot di Pantai Bali yang Eksotik


Pura Tanah Lot di Pantai Eksotik

Liburan ke Bali serasa kurang lengkap tanpa berkunjung ke Pura Tanah Lot. Pura ini sangat eksotik lokasinya. Tepatnya di pantai di wilayah Tabanan, Bali, Indonesia.  Berbeda dengan pura pada umumnya yang dibangun di daratan, Pura ini dibangun di atas bongkahan batu karang besar, dan satunya lagi berada di atas tebing yang menjorok ke lautan hampir mirip dengan Pura Uluwatu. Sangat cocok untuk wisata religi di Bali sambil menikmati keindahan pantai yang eksotik.

Pura Tanah Lot di Pantai Eksotik

PuraTanah Lot dianggap sebagai bagian dari Pura Dang Kahyangan yang berfungsi sebagai tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Pura ini dibangn pada abad 15 oleh Danghyang Niratha.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi pura ini adalah pada saat sore hari, ketika matahari terbenam. Selain pemandangan pura yang sangat eksotik, pengunjung juga dapat menikmati keindahan sunset sambil memandang ke tengah lautan.

Pura Tanah Lot di Pantai Eksotik

Tidak semua wisatawan dapat masuk ke dalam Pura. Di depan pura ada penjaga yang membagikan bunga kepada pengunjung. Saat air laut pasang, wisatawan tidak bisa menuju ke pura karena air laut menggenangi pantai. Pemandangan eksotik pun terlihat, PuraTanah Lot seperti mengapung  di atas air laut. Nah, ketika air surut tampak lubang lubangkecil seperti gua dapat dilihat disekitar Pura. Lubang-lubang itu banyak diijadikan sarang ular dengan ekor pipih dengan warna hitam berbelang kuning.

Untuk mencegah abrasi, pemerintah memasang pemecah gelombang.  Selain itu, bantara beton serta dinding juga dibangung sebagai pelindung batu karang dari hantaman ombak.

Sebelum masuk pura, banyak terdapat toko oleh-oleh yang menawarkan souvenir cantik sebagai cinderamata untuk wisatawan.
Pura Tanah Lot di Pantai Eksotik

Setiap 210 hari sekali di Pura Tanah Lot diadakan perayaan Odalan. Waktunya dekat dengan perayaan Galungan dan Kuningan. Tepatnya adalah pada Hari Suci Buda Cemeng Langkir.